Kamis, 19 Oktober 2017

Cara Budidaya Zaitun Hasil Melimpah Sekali Panen

pohon zaitun
Mengingat dari tanaman ini sangat menguntungkan sekali untuk kita gunakan maka penanamanpohonzaitun sangat banyak sekali di budidayakan. Manfaat yang jika kita olah menjadi beberapa keuntungan yang sangat banyak jika kita memeliharanya dengan baik dan benar.

Penanaman zaitun ada dua cara dan harus anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Zaitun dapat ditanam dengan cara  menanamnya langsung atau berada di lahan perkebunan langsung dan lahan khsusus. Kedua cara ini bisa anda lakukan dengan kebutuhan anda misalnya jika lahan anda sempit anda bisa menggunakan cara bertanam zaitun di polybag, dan begitu sebaluknya jika anda memiliki lahan maka penanaman bisa langsung di lahan. Dari kedua cara yang sudah di jelaskan tadi memiliki keunggulan dan kekuranganya tersendiri.

Tanaman zaitun tergolong mahal, bibit tanaman ini jika anda membelinya di pasaran maka diatas rata-rata tanaman yang bisa kita tanam. untuk harga bibit Rp.200,000 – Rp.250,000 per pohon. Saran saya anda membelinya secara langsung ke pembudidaya atau penyedia bibit langsung dan ke penangkar, namun apabila memang tidak ada anda dapat membeli bibitnya secara online.

Sudah terbayang bukan untuk pembelian bibitnya saja sudah mahal apalagi dengan menjual hasil panen yang kita akan dapatkan nantinya. Agar tidak bertele-tele dan menyita waktu langsung saja kita bahas bagaimana cara pembudidayaan pohon zaitun.

1. Siapkan Media Tanam
Untuk awal penanaman anda harus menyiapkan media tanam yang nantinya dibuat tempat tumbuh zaitun. Media tanam anda harus menyiapkan pupuk organik untuk tahap awal, bisa menggunakan arang sekam, tanag, dan pupuk kandang. Kemudian dari 3 bahan tersebut dicampurkan hingga rata dengan perbandingan 1:1:1. Peluang hidup tanaman bagus di tentukan dari media tanam yang subur.

2. Persiapan bibit
Apabila anda ingin melakukan pembeli bibit zaitun maka pilihlah bibit yang memang sudah teruji kualitasnya, cara paling mudah yang dapat anda terapkan yaitu dengan cara melihat varietas yang memang berproduksinya tinggi. Untuk persyaratan tumbuh dari bibit zaitun harus diperhatikan dikarenakan bibit ini baru tumbuh dan membutuhkan perawatan yang sangat baik untuk kedepannya.

Tanaman yang akan kita gunakan sebagai bibit memanglah harus dikatakan pasti dan berproduktivitas tinggi. Berikut ini adalah uraian untuk penaman awal. akan tetapi apabila anda telah mendapatkan cerminan tentang tanaman yang akan ditanam dengan cara penanaman zaitun di polybag atau pot atau anda juga dapat menggunakan lahan pekerangan rumah atau lahan khusus yang memang dapat digunakan untuk tanaman zaitun.
3. Penanaman zaitun
Melakukan penanaman menggunakan cara tersebut akan memperoleh hasil yangsedikit perbedaan, jika anda membuat dengan lahan caranya gali dan buat lubang tanam kemudian tanah yang di keluarkan ganti dengan media tanam yang sudah kita buat. apabila anda melakukan budidaya pohon zaitun dengan tempat penanaman berada di pot atau polybag maka media dapat langsung dimasukkan kedalam polybag atau pot

4. Pemeliharaan zaitun
Untuk melakukan perawatan pada tanaman zaitun ini tidak terlalu ribet(susah), anda cukup menyiramnya 1 kali sehari, pagi atau sore hari. Kontrol untuk hama dan penyakit, walaupun tanaman zaitun tahan terhadap serangan hama dan penyakit namun anda harus mengontrolnya. Tanaman ini memang sangatlah kuat sekali pada meskipun cuaca panas sekalipun dan mudah mempertahankan hidupnya walau kondisi sekitar sering berubah-ubah.

Namun apa bila tanaman telah mencapai umur sekitar 30 hari maka anda harus meningkatkan perawatannya, perawatan selanjutnya dengan memberikan pupuk susulan, pemberian pupuk berguna mengganti unsur hara dalam tanah dan menambahnya. Biasanya untuk pemupukan anda cukup memberikan pupuk NPK satu genggam. Untuk kedepannya tanaman sudah tumbuh dewasa maka dari itu anda tidak perlu memberikan pupuk 1 bulan sekali dikarenakan tanaman ini bisa mencari makanannya sendiri. Berikan pupuk 3-6 bulan sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar