Rabu, 26 Desember 2018

Cara Panen Bawang Bombay & Perawatan Pasca panen Bawang Bombay | Waring Sayur

Distributor Waring Sayur & Waring Ikan - Lim Corporation

Hampir semua orang mengenal bawang bombay. Bawang ini disebut bawang bombay karena memang berasal dari daerah Bombay, lebih tepatnya di ibu kota negara India. Bawang bombai bisa dibilang masih satu golongan dengan bawang merah ataupun bawang putih. bawang bombay Ini mempunyai ukuran yang lebih besar dari pada bawang merah dan bawang putih yaitu sekitar 1 kepalan tangan orang dewasa. Lapisan daging bawang bombay juga sangat-sangat lebih tebal dibandingkan bawang merah dan bawang putih.

Bawang bombay sering dimanfaatkan sebagai campuran berbagai macam makanan, sebab  dianggap lebih efisien daripada bawang merah atapun bawang putih. Hal - hal berikut  ini dikarenakan bawang bombay mampu menambah rasa lezat suatu masakan. Bawang bombay mempunyai karakter rasa sedikit manis dan beraroma yang sangat kuat.

Baca Juga:

Adapun hal-hal untuk menghasilkan bawang bombay yang berkualita serta bagus adalah dengan memperhatikan panen dan pasca panennya. Hal ini sangat berpengaruh sebab apabila panen dan pasca panen asal-asalan bawang bombay akan cepat mengalami proses pembusukan.

Agar tak terjadi hal-hal beriku, kami akan sedikit memberikan cara cara panen bawang bombay dan pasca panen bawang bombay yang baik dan benar. Berikut adalah cara-cara yang harus dilakukan dan dikerjakan :

A. Panen Bawang Bombay

Bawang bombay dapat dipanen pada saat mencapai umur kurang lebih 4-5 bulan setelah proses tanam. Berikut merupakan cara memanen bawang bombay yang baik & benar :

- Gali sedikit sajah tanah dipingiran umbi bawang, lalau cabut dengan seksama supaya umbi bawang tercabut utuh
- Masukan umbi ke dalam wadah seperti keranjang
- Lakukan pembersihan tanah yang menempel pada umbi bawang
- letakan bawang ditempat bersih, kering, sejuk dan hindari dari cahaya sinar matahari secara langsung sambil menunggu bawang kering
- Tunggu bawang kering, setelah kering packing bawang ke dalam karung waring sayur
- Jika bawang masih ingin disimpan kami sarankan agar bawang digantung agar bawang bagian bawah bawang tidak tumbuh

Kenapa packing bawang bombay menggunakan waring sayur? Sebab waring sayur mempunyai ukuran lobang yang sesuai untuk mengatur suhu udara didalamnya, sehingga bawang tidak mudah membusuk. Dan kenapa penyimapana harus di gantung? Karena apabila bawang tidak digantung bawang akan kembali tumbuh sebab bawang mengalami kelambaban.


B. Perawatan Pasca Panen

Tanaman bawang bombay merupakan golong tipe satu kali panen. Setelah panen maka hal yang harus dilakukan adalah perawatan lahannya, jika ingin segera ditanami bawang lagi. Caranya adalah dengan melakukan beberapa tindakan seperti berikut :

1. Bersikan sisah-sisah tanaman yang ada lalu buanglah sisah tanaman itu ke tempat pembuangan atau juga bisa dibakar.

2. Mencangkul kembali bedengan tadi dan buatlah bedengan tadi rata

3. Setelah di bersikan dan dicangkul biarkan tanah tadi selama kurang lebih 1 minggu terpapar sinar matahari (kecuali pada musim hujan). Hal berikut ini bertujuan agar bisa membunuh virus bakteri dan jamur patogen yang ada pada tanah.

4. Apabila ingin ditanami bawang lagi maka buatlah bedengan baru dan tidak ditempat semula. Hal ini agar meratakan pupuk diseluruh lahan tanam.

Demikianlah hal-hal yang harus dilakukan saat melakukan panen bawang bombay dan saat pasca panen bawang bombay agar mendapatkan bawang bombay yang berkualitas.

jual waring sayur & waring ikan
* Info selengkapnya mengenai harga Waring Sayur klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Waring Sayur atau Waring Ikan untuk peking sayuran dan untuk jaring kolam ikan atau untuk digunakan lainnya dengan harga yang terjangkau silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup).

Customer Service :
Telp: 031 - 8830487
Mobile: 0852 3392 55664 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email: limcoporation@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
- Minimal Order 5000 lembar
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto ( tidak termasuk PPN )
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu-waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar