Sabtu, 12 Januari 2019

5 Tips Penanaman Terong Ungu Agar Berbuah lebat Yang Baik dan Benar | Waring Sayur

Distributor Waring Sayur Serta Waring Hitam/WAring Ikan - Lim Corproation

Terong ungu merupkan tumbuhan pangan yang ditanam sebagai dimanfaatkan buahnya. Asal budidaya sayuran terung berada di bagian selatan dan timur Asia sejak zaman prasejarah, namun baru dikenal di dunia Barat lebih awal sekitar tahun 1500. Buah dari terong mempunyai berbagai warna seperti, terutama ungu, hijau, serta putih. Catatan tertulis yang pertama tentang sayuran terung ditemui dalam Qí mín yào shù, ialah  sebuah karya pertanian Tiongkok kuno yang ditulis tahun 544. Banyak sekali nama dari bahasa Arab serta Afrika Utara untuk terong dan kurangnya nama Yunani dan Romawi memberi tahu bahwa pohon tersebut dibawa masuk ke dunia Barat melewati kawasan Laut tengah dengan bangsa Arab pada awal pertengahan abat. Nama ilmiah sayuran terong ungu tersebut Solanum melongena, yang berasal dari istilah Arab abad ke -16 untuk sejenis sayuran terong.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita proleh dari terong ungu, yakni untuk kesahatan tidak hanya itu saja namun rasanya saat dikonsumsi juga sangat guri dan enak. Banyak sekali para petani yang sedang membudidayakan tanaman ini karena permintaan dari pasar yang tinggi. Bila saat ini anda sedang membudidayakan tanaman terung ungu ini dan bingung cara memanen yang baik dan benar anda bisa melihat ulasan dibawah ini mengenai proses pemanenan yang baik dan benar. Karena pemanenan terong ungu yang salah dapat juga membuat kualitas sayuran ini menurun.

BACA JUGA:


Teknik pemanenan terong ungu yakni dengan cara memotong bagian pangkal tangkai buah terong kira - kira sekitar 1,5 cm dari pangkal tangkainya untuk mempercepat pelaksaan pada penanganan pasca panen buah terong. Pemanenan dikerjakan dengan memakai alat yang tajam. manfaat dari alat yang tajam yaitu untuk merapikan bekas potongan agar terlihat rajin dan tidak menambah luka pada bagian sayatan supaya tidak menimbulkan efek sekunder. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya kerontokan bunga saat buah dipetik atau dipanen.


Alat yang dipakai saat proses pemanenan sayuran terong ungu:
1. Pisau atau gunting stek
Pisau atau gunting digunakan untuk memotong tangkai buah.
2. Waring sayur
Waring sayur ini digunakan untuk wadah seusai memetik terong agar memuat lebih banyak dan mudah saat diangkut ke kendaraan.

Waktu umur panen sayuran terong ungu
Umur tanaman yang siap untuk dipanen ialah tergantung dari varietasnya sendiri, ada varietas terong yang dapat dipanen pada umur 2 bulan. Pemanenan harus mempertimbangkan lama pengangkutannya. Buah terong dipetik dalam keadaan lebih muda tapi bijinya belum keras dan struktur daging buahnya belum terliat. Jika buah dipaksakan untuk diangkut dalam jangka waktu yang lama maka buah harus dipetik sebelum masak dan harus sudah terlihat barnasnya.

Rotasi panen sayuran ungu
Rotasi pada pemanenannya rutin setiap 3 sampai 7 hari sekali dengan cara memilih buah yang siap untuk dipetik atau seminggu dua kali sehingga total didalam satu musim bisa dipanen 8 kali dengan potensi jumlah buah per tanaman dapat mencapai 18 buah.


Waktu panen sayuran terong ungu
Saat yang paling tepat untuk memanen yaitu saat pagi atau sore hari. Waktu pemanenan berpengaruh pada kualitas buah yang akan dipanen. Penelitian mengatakan panen tak bisa dikerjakan pada siang hari sebab jika dilakukan pada siang hari maka bisa memutuskan proses fotosintesis yang sedang berlangsung, sehingga saat proses pembentukan zat gizinya bisa terganggu yang bisa mengakibatkan kadar gizi dari buah yang dipanen pada siang hari lebih rendah dari pada buah yang dipanen pada malam hari.

Pengangkutan sayuran terong ungu
Proses pengangkutan buah terong dari lahan menuju ke tempat penanganan pasca panen bisa dikerjakan dengan cara memasukkah buah terong yang panen ke dalam Waring Sayur yang ditata rapi di dalamnya dan kemudian diikat pada bagian ujung, setelah itu di angkut ke tempat penanganan pasca panen dengan sebuah gerobag atau mobil.

Penanganan pasca panen sayuran terong ungu
- Memotong setengah dari tangkai buah supaya mudah saat pembungkusan atau pengemasan. Jika perlu kadan dipotong hingga habis.
- Membersihkan bagian luar buah dari kotoran yang menempel pada kulit buah dengan memakai kain atau lap yang telah dibasahi menggunakan air.
- Mengemas buah dengan waring sayur agar lebih mudah saat diangkut dan dibawah di kendaraan yang akan menuju pasar atau pengepul.

Jual Waring Sayur & Waring Ikan
* Info selengkapnya mengenai harga Waring Sayur & waring ikan klik DISINI
Jika anda membutuhkan dan memerlukan Waring Sayur atau Waring ikan untuk peking sayuran serta untuk kolam ikan atau untuk lainnya dengan harga yang sangat terjangkau silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu Serta Hari Besar Tutup)

Customer Service: 
Telp: 031 - 8830487
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan Admin klik salah satu tuntan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
– Minimal order 10 roll
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar